Beranda > TEMATIK > RPP TEMATIK KELAS III/1

RPP TEMATIK KELAS III/1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SD/MI                                     : _______

Tema                                       : “kegiatan”

Mata Pelajaran                        : IPS, IPA, Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                        : III/II (Tiga/Dua

Standar Kompetensi               :

IPS                    1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

IPA                   3. Memahami  sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

B. Indonesia     2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran

Kompetensi Dasar                   :

IPS                    1.4 Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan  kelurahan/desa

IPA                   3.3  Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas

B. Indonesia     2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

Indikator                                 :

  1. Tuliskan  macam-macam kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan  kelurahan/desa.
  2. Menyimpulkan manfaat kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan  kelurahan/desa
  3. Menemukan kelebihan dan kekurangan benda plastik
  4. Menemukan kelebihan dan kekurangan benda kayu
  5. Menemukan kelebihan dan kekurangan benda kertas
  6. Menemukan kelebihan dan kekurangan benda kaca
  7. Mengimplementasikan kegunaan benda menurut sifatnya
  8. Memaparkan hasil pengamatan dengan bahasanya sendiri


Alokasi Waktu                        :    35 X 6 Menit (6 jam pelajaran)

 I.            TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah melakukan  diskusi dan pengamatan  Peserta didik dapat :

  1. Menyebutkan macam-macam bentuk kerja sama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa
  2. Menyimpulkan manfaat kerja sama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa
  3. Menemutunjukan kegunaan benda plastik
  4. Menemutunjukan kegunaan benda kayu
  5. Menemutunjukan kegunaan benda Kaca
  6. Menemutunjukan kegunaan benda kertas
  7. Menggunakan benda menurut jenis dan sifatnya

 

  1. II.            MATERI PEMBELAJARAN

IPS

  1. A.    Pengertian kerja sama

Melakukan tindakan bersama orang lain disebut kerja sama. Orang melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

  1. B.     Syarat kerja sama

1)      Sukarela  Apakah sukarela itu?  Mau melakukan kerja sama tanpa dipaksa

dinamakan sukarela. Kerja sama yang baik harus berdasarkan sukarela. Kerja sama dengan paksaan maka tidak baik. Orang yang dipaksa kerjanya malas-malasan.

2)      Saling Menguntungkan Kerja sama akan berhasil baik jika saling menguntungkan. Semuanya merasa untung. Tidak ada yang merasa dirugikan. Semua orang mendapat bagian tugasnya. Pekerjaan dibagi dengan rata.

  1. C.    Bentuk kerja sama
    1. Membantu Tetangga Sesama tetangga harus saling menolong. Jika kita berbuat baik pada hari ini, suatu saat kita akan ditolong. Banyak perbuatan baik untuk membantu tetangga. Saat tetanggamu punya keperluan kamu dapat membantu.
    2. Gotong royong merupakan pekerjaan yang dilakukan secara bersama. Dengan bergotong royong pekerjaan cepat selesai. Dengan bergotong royong semangat persaudaraan, persatuan, dan kesatuan dapat terus terjalin. Gotong royong merupakan ciri khas bangsa Indonesia.
    3. Kerja Bakti Sebentar lagi tanggal 17 Agustus. Pada tanggal 17 Agustus kita merayakan kemerdekaan Indonesia. Pak Tono selaku ketua RT 5/RW 12 memberitahukan bahwa hari Minggu ada kerja bakti. Semua warga akan membersihkan jalan. Sudah lama jalan tidak dibersihkan. Banyak rumput tumbuh di jalan.
    4. Siskamling Lingkungan tempat tinggal yang aman sangat dibutuhkan. Lingkungan yang aman akan menjadikan hidup nyaman. Siapa yang  menjaga keamanan lingkungan? Bagaimana agar lingkungan kita aman? Keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab warga masyarakat.
    5. D.    Manfaat kerja sama
      1. Mempercepat Selesainya Pekerjaan Membersihkan kelas bersama akan lebih cepat,  bukan? Coba  kalau kamu membersihkan sendiri. Akan sangat lama baru selesai. Pekerjaan yang dilakukan bersama-sama akan lebih cepat selesai. Berbeda dengan pekerjaan yang hanya  kita lakukan sendiri.
      2. Menghemat Tenaga Pekerjaan akan terasa berat jika dilakukan sendiri. Tapi jika dilakukan bersama akan terasa ringan. Coba kalau kamu piket kelas sendirian. Kamu akan merasa berat, bukan? Jika kamu bersama temanmu bekerja sama tentu akan terasa ringan.

3. Mempererat Hubungan Persaudaraan Kalau kamu sering melakukan pekerjaan bersama-sama temanmum maka kalian akan semakin akrab. Kamu piket bersama temanmu tentu kamu akan semakin akrab dengan temanmu. Kamu dapat mengenal rumahnya. Kamu juga akan tahu  kebiasaannya.

  1. Terciptanya Rasa Aman Kita akan merasa aman tinggal di lingkungan yang aman. Kita bisa aman kalau kita bisa bekerja sama  dengan orang lain. Lingkungan yang aman merupakan hasil kerja sama dalam mengamankan lingkungan.

5. Lingkungan Menjadi Bersih dan Nyaman Lingkungan menjadi bersih dan indah karena warga rajin mengadakan kerja bakti. Kerja bakti bisa dilakukan sebulan sekali. Dengan kerja bakti, timbunan sampah dapat  dibersihkan dari selokan, halaman, atau taman.

  1. E.     Kerja sama dilingkungan rumah

Rumah sebagai tempat tinggal. Rumah harus selalu bersih. Anggota keluarga harus bersatu. Menjalin kerja sama. Banyak pekerjaan dalam keluarga. Pekerjaan itu dilakukan bersama. Anggota keluarga mendapat tugas berbeda. Ayah, ibu, dan anak. Sesuai kemampuan masingmasing.

  1. F.     Kerja sama dilingkungan sekolah

Sekolah tempat menuntut ilmu. Lingkungan sekolah harus dipelihara. Dijaga keindahan dan kebersihannya. Warga sekolah harus peduli. Guru, murid, penjaga sekolah. Dan masyarakat di sekitar sekolah.

  1. G.    Kerja sama dilingkungan kelurahan

Lingkungan kelurahan atau desa lebih luas. Bila dibandingkan dengan lingkungan sekolah. Apalagi dengan lingkungan rumah. Permasalahan yang dihadapi beraneka ragam. Warga perlu menjalin kerja sama.

IPA

  1. Kegunaan Benda
  1. Benda yang terbuat dari plastic  Plastik memiliki sifat yang ringan, tidak mudah pecah, dan tidak menyerap air. Ember, gayung, dan baskom terbuat dari plastik. Meja dan kursi pun ada yang terbuat dari plastik. Plastik juga banyak digunakan sebagai kantong belanja dan bungkus berbagai makanan
  1. Benda yang terbuat dari kayu Kayu memiliki kekerasan tertentu. Sifatnya yang keras membuat kayu dapat menjadi penahan beban. Kayu biasa digunakan sebagai penyangga ketika membangun rumah. Kayu juga dibuat untuk benda-benda keperluan rumah tangga, seperti tempat tidur, pintu, meja, kursi, dan lemari. Agar tahan lama, kayu dilapisi oleh zat pelapis kayu, seperti pernis dan cat.
  2. Benda yang terbuat dari kaca  Kaca adalah benda yang bening sehingga tembus pandang atau transparan. Kaca memiliki sifat mudah pecah. Oleh karena itu, hati-hati jika memegang benda yang terbuat dari kaca.   Kaca digunakan untuk membuat berbagai benda, seperti kaca jendela, botol minuman, cermin, piring, gelas, dan stoples. Semua benda tersebut tembus pandang. Artinya, jika benda-benda tersebut diisi dengan makanan, makanannya akan terlihat dari luar.
  3. Benda yang terbuat dari kertas Kertas merupakan benda yang sangat dekat denganmu. Buku-buku yang kamu tulis, dan kamu baca terbuat dari kertas. Oleh karena itu, kamu tidak akan dapat menulis tanpa menggunakan kertas. Cobalah kamu menulis di atas kaca, apakah kamu akan mendapat tulisan yang baik seperti di kertas?  Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta bolpoin dengan baik sehingga apa yang kamu tuliskan dapat dibaca dengan baik.  Surat kabar juga terbuat dari kertas. Selain itu, majalah, amplop, map, dan layang-layang  terbuat dari kertas.

Bahasa Indonesia

Ketika membuat sebuah benda, biasanya ada cara-cara yang harus diikuti. Ada langkah-langkah yang harus dilakukan. Dengan demikian, kamu dapat pula menjelaskannya kembali.

  1. III.            METODE PEMBELAJARAN
    1. Ceramah sederhana
    2. Diskusi
    3. Observasi
    4. Pengamatan

 

  1. IV.            MODEL PEMBELAJARAN

PROBLEM BASED INTRODUCTION  (Pembelajaran berdasarkan masalah)

  1. Langkah-langkah :
  2. Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
  3. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
  4. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
  5. Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
  6. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap Pengamatan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

B.      Tujuan Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Introduction

  1. Peserta didik dapat mengerti materi mengenai Sifat-sifat benda, membuat peta/dena dan membaca teks kalimat dengan intonasi dan pelafalan yang benar.
  2. Peserta didik dapat lebih cepat memahami materi yang diajarkan oleh guru.
  3. Terciptanya pembelajaran PAKEM (pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan).
  4. Peserta didik diharapkan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas

V. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

No

Kegiatan Pembelajaran

Alat media Waktu Ket
1. Kegiatan Pendahuluan

  1. Pra pembelajaran
  • Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan, kelas  dll)
  • Memeriksa kesiapan peserta didik
  • Memeriksa absensi
  1. Apersepsi

Melakukan penjajakan kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan pertanyaan tentang pengalaman anak dan mengkaitkannya dengan materi tentang  materi yang akan dibahas.

c. Memotivasi ( dengan belajar kita dapat mengerti banyak pengetahuan )

d. Memaparkan tujuan pembelajaran Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai

1 jam pelajaran
2. Kegiatan Inti :

Eksplorasi :

  1. Dengan bimbingan guru Peserta didik mencari informasi tentang benda yang ada di sekitar kelas.

2. Guru mendemonstrasikan kerja sama, dengan memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain

  1.  Guru menjelaskan tentang pentingnya kerja sama

Elaborasi :

  1. Guru menjelaskan tentang materi yang akan di ajarkan
  2. Guru memberikan masalah tentang “ sampah”

3. Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok belajar.

4. Dengan bantuan LKS Peserta didik mengamati benda-benda yang ada disekitar sekolah

5. Setiap masing-masing perwakilan kelompok mempersentasikan hasil pengamatannya dengan bahasanya sendiri dibantu oleh teman sekelompoknya

  1. Kelompok lain menanggapi persentase
  2. Tanya jawab guru dan peserta didik

Konfirmasi

  1. Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
  2. Guru memberikan penguatan dari pembelajaran hari ini
  3. Guru melakukan umpan balik pembelajaran
Penggunanan media Plastik, kayu, kertas, kaca. 3 jam pelajaran
Kegiatan Akhir

  1. Refleksi

Menarik kesimpulan keseluruhan pembelajaran (guru dan peserta didik)

  1. Tindak Lanjut
    1. Melakukan post test sebagai evaluasi pembelajaran
    2. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah kepada peserta didik melakukan pengamatan tentang kerja sama di lingkungan kelurahan.
2 jam pelajaran
  1. VI.            ALAT (MEDIA)/ BAHAN/ SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar

  1. Buku Teks IPS  Kelas III, Sunarso, Anis Kusuma, 2008.
  2. Buku Teks IPS  Kelas III, Muhammad Nursa’ban, Rusmawan, 2007
  3. Buku Teks IPS  Kelas III, M. Saleh Muhammad, Ade Munajat, 2008
  4. Buku Teks IPA  Kelas III, Mulyati Arifin, Mimin Nurjhani K, Muslim, 2008
  5. Buku Teks IPA  Kelas III, Priyono dan Titik Sayekti, 2008
  6. Buku Teks IPA Kelas III, S Rositawaty danAris Muharam, 2008
  7. Buku Teks IPA Kelas III, Sularmi, M.D Wijayanti 2008
  8. Buku Teks Bahasa Indonesia   Kelas III, Ismoyo, Romiyatin, 2008
  9. Buku Teks Bahasa Indonesia   Kelas III, Kaswan Darmadi, Rita Nirbaya, 2008
  10. Buku Teks Bahasa Indonesia   Kelas III, Mei Sulistyaningsih, 2007
  11. Buku Teks Bahasa Indonesia   Kelas III, Edi Warsidi dan Farika, 2008

Alat dan media

  1. Plastik
  2. Kaca
  3. Kertas
  4. Kayu
  5. Media lain yang ada disekitar lingkungan belajar yang berkaitan dengan pembelajaran

VII.            PENILAIAN

1. Tehnik Penilaian

  1. Bentuk Intrumen Penilaian   : – Tes tertulis

–       Tes lisan

b. Jenis Tes tertulis (Soal)        : –  Essai (soal uraian)

c. Jenis Tes lisan                         : dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran   berbasis masalah ( tanya jawab antara guru dengan peserta didik )

d. Pedoman Penilaian

Nilai Akhir = 

2. Tes Tertulis

N0. Indicator/tujuan pembelajaran Ranah Butir soal Kunci jawaban bobot ket
Menyebutkan macam-macam bentuk kerja sama dilingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa C1 Sebutkan macam-macam bentuk kerja sama di lingkungan sekolah ? Piket

Kerja kelompok

Dll.

10
2. Menyimpulkan manfaat kerja sama dilingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa C2 Apa manfaat dari kerja sama ? Pekerjaan jadi ringan.

Pekerjaan jadi mudah

30
3. Menemutunjukan kegunaan benda plastik C2 Benda plastic banyak digunakan untuk ? Membungkus sesuatu 10
4. Menemutunjukan kegunaan benda kayu C2 Meja dan kursi banyak terbuat dari ? Kayu 10
5. Menemutunjukan kegunaan benda Kaca C2 Kegunaan dari kaca adalah ? Bercermin

Membuat jendela

Dll.

10
6. Menemutunjukan kegunaan benda kertas C2 fungsi dari kertas adalah ? Menulis

Dll.

10
7. Menggunakan benda menurut jenis dan sifatnya Ember banyak digunakan orang untuk ? Menampung air 20
Kategori:TEMATIK
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: