Beranda > TEMATIK > RPP TEMATIK KELAS II/2

RPP TEMATIK KELAS II/2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

Nama Sekolah         :   ______

Mata Pelajaran       :   Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, & SBK

Tema                        :   Keindahan Alam

Kelas/Semester        :   II/2

Alokasi Waktu        :   2x35 menit (1 x Pertemuan)

Hari/Tanggal           : 

 A.    Standar Kompetensi

Bahasa Indonesia        :                Menulis

8.    Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak Bumi dan Alam Semesta

IPA                            :         4.    Memahami peristiwa alam  dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari

SBK                           :       11.     Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

B.     Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia       :       8.2     Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung

IPA                            :       4.1     Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari

SBK                           :    11.3     Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa  iringan sederhana       

C.    Indikator

Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan dapat:

Bahasa Indonesia       :    8.2.1    Menulis puisi anak dengan huruf tegak bersambung

IPA                            :    4.1.1    Menyebutkan 3 (tiga) kegunaan cahaya matahari dalam

kehidupan sehari-hari

SBK                           :  11.3.1    Menyanyikan lagu anak dengan iringan sederhana (tepuk tangan)

D.    Materi Pembelajaran

Bahasa Indonesia        :  Menulis Puisi

IPA                             :  Kegunaan Panas dan Cahaya Matahari

SBK                            :  Menyanyikan Lagu Anak

E.     Metode Pembelajaran

–          Ceramah

–          Tanya jawab

–          Penugasan

–          Picture-picture

F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

  1. Kegiatan awal (± 15 menit)

–          Membuka pembelajaran dengan memberikan salam dan berdo’a

–          Absensi

–          Mengkondisikan siswa ke dalam situasi belajar

–          Melakukan apersepsi

Tanya jawab tentang keadaan taman:

“ Siapa yang pernah ke taman”?,

“Apakah kalian senang di taman”?,

“Kenapa kalian senang”?

“Bagaimana pemandangan di taman, indah atau tidak”?

“Apa saja yang ada ditaman”?

–          Menyanyikan lagu anak “KEBUNKU”

–          Siswa menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan

Kegiatan inti (± 100 menit)

Bahasa Indonesia

–          Menempelkan teks puisi “Alamku” (terlampir) di papan tulis

–          Meminta beberapa orang siswa membaca puisi di depan kelas sedangkan siswa yang lain menyimaknya

Ilmu Pengetahuan Alam

–          Mengaitkan materi Bahasa Indonesia dengan Ilmu Pengetahuan Alam dengan tanya jawab tentang isi puisi “Alamku” sambil menempel gambar matahari

“Apa yang menyinari bumi”?

“Kalau bumi disinari matahari akan menjadi apa”?

“Kalau bumi menjadi terang indah atau tidak”?

–          Membagi LKS kepada masing-masing siswa

–          Guru berkeliling untuk membimbing siswa yang belum mengerti/paham

–          Siswa mengumpulkan hasil LKSnya

–          Membahas hasil LKS secara bersama-sama

Kegiatan akhir (± 25 menit)

–          Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pelajaran yang dibahas pada pertemuan ini

–          Membagikan lembar evaluasi kepada masing-masing siswa

–          Menutup kegiatan pembelajaran

G.    Alat, Media, Dan Sumber Pembelajaran

  1. Alat pembelajaran

–          Teks puisi

–          Gambar  matahari

–          Stryfoam

Media Pembelajaran

–          Lembar Kerja Siswa (individu)

–          Lembar  evaluasi

Sumber Pembelajaran

–          Depdikbud. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Media Makmur Maju Mandiri.

–          Nelitayanti, T. (2008). Cinta Berbahasa Indonesia SD Klas 2. Jakarta: Depdiknas.

–          Purwati, S. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam 2 Untuk SD/MI Kelas 2. Jakarta: Depdiknas.

–          Sulistyanto dan Wiyono. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kels II. Jakarta: Depdiknas.

–          Mustoha, dkk. (2008). Senang matematika Untuk SD/Mi Kelas 2. Jakarta: Depdiknas.

H.    Penilaian

–          Prosedur            :    Penilaian hasil

–          Teknik tes          :    Tes tertulis

–          Jenis tes             :    Lembar evaluasi

–          Bentuk tes         :    Isian

Kategori:TEMATIK
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: