Beranda > HEALTYLIFE > Mendongeng yang Cerdas buat Anak

Mendongeng yang Cerdas buat Anak


Dunia dongeng adalah dunia yang penuh dengan imajinasi. Bagi anak-anak, dongeng adalah hal yang mengasyikkan. Dunia dongeng ini biasa hadir ketika malam mulai menyelimuti dan dongeng menjadi pengantar tidur bagi mereka. Pengaruh dongeng sangat besar bagi perkembangan anak-anak. Biasanya dalam tubuh dongeng terkandung pendidikan-pendidikan moral, anak-anak akan belajar mengenal perbuatan yang baik dan perbuatan tidak baik. Jiwa dongeng akan masuk dalam imajinasi mereka sehingga mereka tahu bahwa perbuatan baiklah yang selalu menghasilkan kebahagiaan.
Dikalangan anak-anak, kegiatan mendongeng merupakan sesuatu yang sangat disukai dan dinanti-nanti. Dari kisah-kisah yang ada dalam dongeng tersebut anak akan mulai tertawa ketika ada hal yang lucu dan akan larut dalam kesedihan ketika mendengar kisah yang menyedihkan.
Selain itu dongeng mampu mencetak anak yang gemar membaca, berani berbicara, mampu mengungkapkan cerita dan bahkan mampu menciptakan dongeng-dongeng lainnya, itu semua karena hasil dari dongeng yang mereka dengar atau baca. Dari semua ini tentu tidak lepas dari peran orang tua sebagai orang terdekat bagi anak-anak. Namun, kendalalnya adalah ketika orang tua tidak memiliki dongeng atau bahkan tidak bisa mendongeng. Namun, sebagai orang tua juga perlu berhati-hatilah dalam memilih suatu kisah atau dongeng. Sebab, tidak semua cerita dapat memberikan manfaat kepada anak.
Maka dari itu buku ini hadir membawa kabar baik bagi orang tua atau siapapun yang ingin bisa dan senang menyelami dunia dongeng. Agus DS atau lebih akrab disapa Kak Agus ini kembali menciptakan karya ketiganya yaitu Buku “Pintar Mendongeng dalam 5 menit” , sebelumnya Kak agus menulis buku “mendongeng Bareng kak agus,yuk…” dan “Tips Jitu Mendongeng” yang sudah banyak dikenal orang. Karena kemampuan mendongengnya yang luar biasa ini kaka Agus mendapatkan penghargaan sebagai The Master of Storytelling.
Dalam buku terbarunya ini kak Agus lebih memberi nuansa baru bagi dunia dongeng. Banyak dongeng yang menarik dan mudah di ingat ceritanya. Para orang tua akan lebih mudah mendongengkan cerita asyik pada anaknya. Dalam masing-masing dongeng banyak pelajaran berharga yang bisa diambil oleh anak-anak. Sebelumnya, dalam kata pengantar, kak Agus memberi tips mendongeng yang baik bagi pembacanya. Tidak harus menghabiskan waktu banyak untuk belajar mendongeng, buku ini lebih dari cukup untuk bisa menguasai teknik mendongeng dalam waktu hanya 5 menit. Wow, mengagumkan!.
Sangat dianjurkan bagi para orang tua untuk memiliki buku ini, karena dapat membantu mereka dalam menyelami dunia dongeng. Orang tua yang bisa mendongeng dengan baik akan selalu dirindukan kehadirannya oleh anak-anaknya untuk menjadi pengantar tidur mereka. Anak-anak akan bangga dengan orang tuanya yang selalu memberikan perhatian dan kasih sayang walaupun dengan menjadi pendongeng dan pengantar tidur yang setia bagi mereka.
Dunia dongeng bukan hanya penting bagi anak-anak. Sejatinya, dongeng juga sangat penting bagi semua orang. Dalam tubuh dongeng penuh dengan ide-ide yang menarik , imajinasi yang menawan, cerita yang menakjubkan dan pelajaran yang luar biasa besar jika dongeng tersebut benar-benar kita selami.
Beberapa dari dongeng yang ditulis kak Agus dalam buku ini adalah “Kisah Putri bunga Bangkai”, “Kisah Istri Tukang Sol Sepatu”dan “pengemis yang baik hati”. Dari ketiga dongeng tersebut ada kisah yang menarik dan mengesankan. Bagi orang tua dalam mendongengkan cerita tersebut jika diwarnai dengan suara yang sesuai dengan tokoh atau keadaan dalam cerita tersebut, maka akan membuat dongeng lebih hidup dan akan mendapatkan perhatian penuh dari anak-anaknya.
Masih banyak dongeng selain tiga judul diatas. Dalam buku ini kak Agus memberi 30 cerita, jadi tidak perlu khawatir akan kehabisan cerita. Melalui kegiatan mendongeng ini dapat menanamkan hal-hal baik dalam diri anak. Anak belajar untuk menghormati orang tuanya, saudaranya, temannya dan setiap orang di sekeliling mereka. Selain sebagai pengantar tidur, mendongeng juga bisa dilakukan pada saat kumpul keluarga, saat santai bahkan bagi guru TK dongeng bisa menjadi sebuah alternative metode pembelajaran anak. Dari mendongeng anak pun akan menikmati belajar di dalam ruang maupun di luar kelas. Ini semua bisa menambah keakraban dan keharmonisan baik keluarga maupun guru dan siswanya.
Dunia dongeng merupakan dunia yang fantastis dan penuh dengan warna warni kehidupan. Menghidupkan kisah dengan mendongeng akan menciptakan nuansa tersendiri khususnya bagi anak-anak. Pendongeng yang baik adalah pendongeng yang mampu menyelami jiwa dari kisah dongeng itu sendiri. selamat mendongeng. Ciptakan imajinasi yang bermanfaat bagi kehidupan.
*Penggemar Dongeng dan Mendongeng

Kategori:HEALTYLIFE
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: