Beranda > TEMATIK > RPP Tematik kelas II

RPP Tematik kelas II


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

Nama Sekolah            :______

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia, Matematika, & SBK

Tema                            : Tumbuhan

Kelas/Semester            : II/2

Alokasi Waktu            : 2 Kali Pertemuan (4 x 35 menit)

Hari/Tanggal               :

 

A.    Standar Kompetensi

Bahasa Indonesia        :                Menulis

8.           Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak

Geometri dan Pengukur

Matematika                 :  4.           Mengenal unsur-unsur bangun datar

SBK                            :  9.           Mengekspresikan diri melalui seni rupa

B.     Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia       :  8.1         Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis

Matematika                :  4.1         Mengelompokkan bangun datar

SBK                            :  9.1         Mengekspresikan diri melalui seni rupa

  1. C.    Indikator

Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan dapat:

Bahasa Indonesia       :  5.1.1      Menyebutkan ciri-ciri tumbuhan

Matematika                 :  4.1.1      Menggambar bangun datar  (persegi panjang, persegi, segitiga, dan lingkaran)

SBK                                 :  9.1.1      Mewarnai gambar bangun datar

D.    Materi pembelajaran

Bahasa indonesia        :  Ciri-ciri Tumbuhan

Matematika                 :  Bangun datar Sederhana

SBK                            :  Mewarnai Gambar

E.     Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, dan penugasan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran

a)      Kegiatan awal (± 10 menit)

–          Membuka pembelajaran dengan menberikan salam

–          Absensi

–          Mengkondisikan siswa ke dalam situasi belajar

–          Melakukan apersepsi

Menaunjukkan Bunga sepatu kemudian tanya jawab tentang ciri-cirinya.

–          Siswa menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b)      Kegiatan inti (± 50 menit)

–          Guru menampilkan gambar-gambar tumbuhan

–          Tanya jawab ciri-ciri tumbuhan pada gambar

–          Tanya jawab bentuk bunga matahari (gambar) yang merupakan salah satu bentuk bangun datar

–          Meminta beberapa orang siswa maju untuk menggambar contoh bangun datar di papan tulis

–          Membagikan LKS (terlampir) kepada masing-masing siswa

–          Guru menjelaskan langkah-langkah dalam menyelesaikan LKS

–          Guru berkeliling untuk membantu siswa dalam menyelesaikan LKS

–          Siswa mengumpulkan hasil LKS kepada kelompok lain

–          Siswa dan guru mendiskusikan hasil LKSnya secara bersama-sama

c)      Kegiatan akhir (± 10 menit)

–          Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pelajaran yang dibahas pada pertemuan ini

–          Memberikan soal evaluasi secara lisan

–          Menutup kegiatan pembelajaran

G.    Alat, Media, Dan Sumber

  1. Alat pembelajaran

–          Tumbuhan

–          Gambar bunga matahari

–          Gambar bangun datar

–          Pensil warna

  1. Media Pembelajaran

–          Lembar Kerja Siswa (kelompok)

  1. Sumber Pembelajaran

–          Depdikbud. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Media Makmur Maju Mandiri.

–          Nelitayanti, T. (2008). Cinta Berbahasa Indonesia SD Klas 2. Jakarta: Depdiknas.

–          Mustoha, dkk. (2008). Senang matematika Untuk SD/Mi Kelas 2. Jakarta: Depdiknas.

H.    Penilaian

  1. Prosedur             : Penilaian hasil
  2. Teknik tes           :  Tes tertulis
  3. Jenis tes              :  Lembar Kerja Siswa (individu)
  4. Bentuk tes          :  Isian
Kategori:TEMATIK
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar