RPP Tematik kelas II
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Nama Sekolah :______
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika, & SBK
Tema : Tumbuhan
Kelas/Semester : II/2
Alokasi Waktu : 2 Kali Pertemuan (4 x 35 menit)
Hari/Tanggal :
A. Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia : Menulis
8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
Geometri dan Pengukur
Matematika : 4. Mengenal unsur-unsur bangun datar
SBK : 9. Mengekspresikan diri melalui seni rupa
B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia : 8.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis
Matematika : 4.1 Mengelompokkan bangun datar
SBK : 9.1 Mengekspresikan diri melalui seni rupa
- C. Indikator
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan dapat:
Bahasa Indonesia : 5.1.1 Menyebutkan ciri-ciri tumbuhan
Matematika : 4.1.1 Menggambar bangun datar (persegi panjang, persegi, segitiga, dan lingkaran)
SBK : 9.1.1 Mewarnai gambar bangun datar
D. Materi pembelajaran
Bahasa indonesia : Ciri-ciri Tumbuhan
Matematika : Bangun datar Sederhana
SBK : Mewarnai Gambar
E. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan penugasan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
a) Kegiatan awal (± 10 menit)
– Membuka pembelajaran dengan menberikan salam
– Absensi
– Mengkondisikan siswa ke dalam situasi belajar
– Melakukan apersepsi
Menaunjukkan Bunga sepatu kemudian tanya jawab tentang ciri-cirinya.
– Siswa menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b) Kegiatan inti (± 50 menit)
– Guru menampilkan gambar-gambar tumbuhan
– Tanya jawab ciri-ciri tumbuhan pada gambar
– Tanya jawab bentuk bunga matahari (gambar) yang merupakan salah satu bentuk bangun datar
– Meminta beberapa orang siswa maju untuk menggambar contoh bangun datar di papan tulis
– Membagikan LKS (terlampir) kepada masing-masing siswa
– Guru menjelaskan langkah-langkah dalam menyelesaikan LKS
– Guru berkeliling untuk membantu siswa dalam menyelesaikan LKS
– Siswa mengumpulkan hasil LKS kepada kelompok lain
– Siswa dan guru mendiskusikan hasil LKSnya secara bersama-sama
c) Kegiatan akhir (± 10 menit)
– Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pelajaran yang dibahas pada pertemuan ini
– Memberikan soal evaluasi secara lisan
– Menutup kegiatan pembelajaran
G. Alat, Media, Dan Sumber
- Alat pembelajaran
– Tumbuhan
– Gambar bunga matahari
– Gambar bangun datar
– Pensil warna
- Media Pembelajaran
– Lembar Kerja Siswa (kelompok)
- Sumber Pembelajaran
– Depdikbud. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Media Makmur Maju Mandiri.
– Nelitayanti, T. (2008). Cinta Berbahasa Indonesia SD Klas 2. Jakarta: Depdiknas.
– Mustoha, dkk. (2008). Senang matematika Untuk SD/Mi Kelas 2. Jakarta: Depdiknas.
H. Penilaian
- Prosedur : Penilaian hasil
- Teknik tes : Tes tertulis
- Jenis tes : Lembar Kerja Siswa (individu)
- Bentuk tes : Isian