Beranda > REFERENSI PENYAKIT > Perilaku Dokter Percepat Kesembuhan Pasien

Perilaku Dokter Percepat Kesembuhan Pasien


Menurut hasil penelitian pada beberapa rumah sakit yang menggunakan para stafnya sebagai subjek, disimpulkan bahwa dokter yang berperilaku lebih sopan dan santun akan membuat pasien lebih sehat dan cepat pulih.
Seperti dikutip dari Telegraph, seorang ahli bedah asal Amerika, Andrew Klein, mengatakan bahwa perilaku dokter yang cenderung kurang ramah atau bahkan kasar kepada staf akan berpengaruh besar pada hasil operasi. Seperti yang ia tulis dalam Archives of Surgery, Klein menyerukan agar pasien lebih baik memilih dokter dengan perilaku yang baik.
Klein yang juga seorang dorector pada Pusat Cedars-Sinai Comprehensive Transplant Centre in Los Angeles, mengatakan, “Seringkali, dokter bedah dipilih karena latar belakang prestasi, pengetahuan, dan pengalaman mereka dalam hal pelatihan dan teknis.”
“Namun sesungguhnya, ruang operasi merupakan lingkungan sosial di mana setiap orang harus bekerja sama untuk kepentingan pasien. Ketika seorang dokter bedah yang diistilahkan ‘berkuasa’ bertindak kasar dan tidak ramah, itu akan memengaruhi segalanya.”

Dengan mengutip berbagai penelitian, ia mengatakan salah satu studi juga menunjukkan bahwa ahli bedah yang lebih sopan cenderung melakukan operasi dengan risiko komplikasi dan kematian yang lebih kecil. Terungkap pula, 3 dari 4 apoteker dan perawat di rumah sakit cenderung berusaha menghindari kontak dengan dokter yang tidak ramah, bahkan jika mereka memiliki pertanyaan tentang obat.
detik
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: