Beranda > TEORY BELAJAR > Teori belajar piaget

Teori belajar piaget


Teori belajar piaget
Pendapat piaget mengenai perkembangan proses belajar pada anak-anak adalah sebagai berikut
1. anak anak struktur mental yang berbeda denga orang dewasa mereka bukan orang dewasa dalam bentuk kecil, mereka mempunyai cara yang khas untuk menyatakan kenyataan dan untuk mnghayati dunia sekitar. Maka memerlukan pelayanan sendiri dalam belajar.
2. Perkembangan mental pada anak melalui tahap-tahap tertentu menurut suatu urutan yang sama bagi semua anak.
3. walaupun berlangsungnya tahap-tahap perkembangan itu melalui urutan tertentu, tetapi jangka waktu untuk berlatih dari tahap ketaha yang lain tidaklah selalu sama pada setiap anak.
4. perkembangan mental anak di pengaruhi oleh beberapa factor, yaitu :
a. kemasakan
b. pengalaman
c. interaksi social.
d. equilibration ( proses dari ketiga di atas bersama-sama untuk membangun dan memperbaiki struktur mental.
5. ada tiga tahap perkembangan, yaitu:
1. berpikir secara intuitif 4 tahun
2. beroprasi secara kongkret 7 tahun
3. beroprasi secara formal 11 tahun

Perlu di ketahui pula dalam perkembangan intelektual terjadi proses yang sederhana seperti melihat,mrnyentuh mrnyrbut nama benda dan sebagainya, dan adaptasi yaitu suatu rangakian perubahan yang terjadi setiap individu sebagai hasil interaksi denagn dunia sekitarnya

Sumber. Slameto, belajar dan factor-fator yang mempengaruhinya, Rineka cipta, Jakarta, 2010

Kategori:TEORY BELAJAR
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: