Beranda > TIK > internet dan pembelajaran

internet dan pembelajaran


Apakah internet dapat di gunakan untuk menyampaikan informasi pembelajaran ?           coba berikan argumen dan anda berikan contohnya.

Fungsi Layanan Internet

WWW (World Wide Web)
Layanan WWW (World Wide Web) merupakan jenis layanan yang paling populer dikalangan pengguna internet. WWW tidak hanya berfungsi sebagai media untuk mencari informasi, tetapi Web sudah banyak digunakan secara komersial oleh hampir semua perusahaan di seluruh dunia untuk mengiklankan usaha mereka.
E-Mail
E-Mail merupakan komponen utama yang paling banyak digunakan dalam komunikasi informasi saat ini, bukan saja di Internet tapi juga jaringan lain di luar internet. Format pernulisan alamat e-mail adalah username@hostname.
FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah suatu aplikasi program yang merealisasikan konsep klien-server antarhost di Internet atau semua host yang memakai TCP (Transmition Control Protocol) sebagai transport protokolnya. FTP menyajikan hubungan yang interaktif antara client dan server.
Telnet
Telnet adalah suatu aplikasi program komunikasi interaktif dua arah berbasiskan protokol TCP/ IP yang digunakan untuk emulsi terminal ke remote komputer dari lokal komputer atau terminal server dan dapat menikmati fungsi yang sama dengan terminal yang dihubungkan langsung ke komputer tersebut.
UseNet
UseNet atau NetNews adalah suatu jaringan komputer berbasiskan konsep client-server yang berfungsi seperti forum diskusi elektronik internasional tentang berbagai macam hal.
Shell
Shell adalah suatu jenis layanan yang menggunakan perintah-perintah dalam sistem operasi Unix, seperti finger, who, what, talk, ping, dan mail.
Gopher
Gopher adalah komponen internet yang digunakan untuk mencari dan mengambil informasi berdasarkan konsep klien-server. Informasi tersebut berupa data teks atau biner, gambar, maupun suara.
IRC (Internet Relay Chat)
IRC adalah suatu program klien-server yang berfungsi seperti perintah talk di Unix. Bedanya, jumlah pemakai IRC yang berkomunikasi dapat lebih dari dua orang pada saat yang bersamaan.
Secara umum, fungsi layanan internet adalah :
Media melakukan transfer file
Sarana mengirim surat (e-mail)
Pusat pembelajaran dan pendidikan
Sarana penjualan atau pemasaran
Melakukan mailing list, newsgroup dan konferensi
Chatting
Mesin Pencari (Search Engine)
Mengirim SMS ke telepon seluler
Sarana Entertainment dan permainan

Kategori:TIK
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: